Jam menunjukkan angka 17:00 , waktu nya bergegas pergi bermain ke rumah teman yang berada di Pesakih namanya Ana. Pesakih adalah salah satu tempat favorit gue dan sering banget gue kunjungin. Hampir setiap hari libur , gue datang ke sana. Pertama tama kalau gue datang ke sana biasanya silaturahmi dulu ke rumah si Ana, setelah itu gue makan seblak deh. Namanya seblak Mpo Rani. Seblak favorit di sekitaran Pesakih yang kalo udah diatas jam setengah 8 udah abis. Ya , sangking enaknya dan tempat itu selalu rame. Dan setelah makan seblak, biasanya gua mampir ke Masjid buat solat maghrib dan juga isya di sana.

Kadang-kadang, gue pergi ke sana ga sendirian. Gue bawa teman, namanya Rini. Dia seneng banget makan pedes beda sama si Ana. Ana gasuka pedes, makan mie aja pake kecap wkwk. Katanya sih biar tambah manis. Dan tiap makan seblak dia yang paling ga pedes diantara kita bertiga.

“Mpok , pesan seblak 3 yak. Yang 2 pedes 1 nya manis mpok.” Kata Rini sambil tertawa

“Yah, gua kaga bawa gula lagi neng.” Sahut si mpok membalas ucapan si Rini

Dengan wajahnya yang sedikit bete, si Ana pun membalas dengan berkata “Ngeledek aja lu Rin. Gue ga apa-apain lu.”

Sebagai penengah, gue pun ikut berbicara “Udah udah. Jangan berantem. Gaada wasitnya nih. Nyewa wasit mahal.”

“Ngelawak aja lu neng.” Sahut si Mpok

Setelah menunggu seblaknya matang, seperti biasa kami berbincang-bincang tentang kerjaan.
“Mil, lu masih kerja di sana?” Kata si Rini

“Engga rin. Gue sekarang jadi sampah.” Jawab gue dengan tertawa kecil

“Ko sampah Mil? Lu berati kotor dong Mil?” Tanya si Ana dengan polos

“Iya na, gue abis maen di lumpur. Makanya kotor.”

“Kaya Babi lu Mil. Maennya di lumpur.” Kata si Rini sambil tertawa (semuanya ikut tertawa)

“Btw, Kalo lu na? Masih kerja di deket rumah lu?” Tanya Rini , ke Ana

“Iya dong. Masih.”

“Alhamdulillah deh kalo gitu. Kalo gue masih kerja juga di tempat gue yang dulu. Udah 3 bulan dan perpanjang kontrak 1 tahun.”

“Alhamdulillah Rin.” Kata gue sambil ngarep bisa kerja juga kaya mereka.

Mpok berjalan kearah tempat kami duduk sambil mengasih seblak yang kami pesan tadi “Nih seblaknya udah mateng. Seperti yang dipesen 1 manis dan yang 2 pedes” sambil tertawa kecil

Kami pun ikut tertawa, kecuali si Ana. Kami makan dengan sangat nikmat sambil menikmati pemandangan di sekitar. Tanpa banyak bicara(karena lagi makan) si Ana yang makanannya habis duluan bilang “Lama lu pada makannya.”

“sshh Haa ssh Haa. Berisik lu na. Pedes nih. Masih panas pulak.” Kata gue dengan mata berkaca-kaca

“Tau lu Mil. Lama lu.” Kata si Rini yang makanannya udah habis juga

“Lu ngapa pada buru-buru amat si? Belum adzan magrib juga. Sshh haa sshh ha.” Sambil Kepedesan.

Karena mereka berdua udah abis duluan. Gue pun harus makan lebih cepet. Biar mereka gaterlalu nunggu lama.

“Daaah abis, Kuylah. Berangkaaat.” Sambil Berdiri dan bergegas ingin pergi ke Masjid

“Wei, Bayar dulu lu.” Kata si Rini dengan nada cemprengnya itu

“oiya yaa wkwk. Nih Mpok uangnya. Makasih yaa Mpok.” Kata gue sambil jalan

Sesampai nya di masjid. Kita bertiga solat. Setelah itu zakat, Pergi haji jika mampu. Engga engga becanda. Kita solat, abis itu balik deh ke rumah.


Minggu Depannya gue balik lagi ke Pesakih. Tapi kali ini gue sendirian. Tanpa si Rini. Karena gue sendiri, gue langsung nyamper si Ana. Dan melakukan hal yang sering dilakukan. Yaitu beli seblak wkwk. Tapi gue gamakan di tempat si Mpok. Kali ini gue makan di depan halaman masjid yang luas banget.

“Na, lu aja nih yang pesen. Kita makan di depan masjid aja. Gue tunggu di motor ya.” Kata gue dengan santai

Ana pun langsung meng-iyakan apa yang gue omongin dan langsung memesan 2 seblak. Karena tempat itu rame, jadi lumayan lama juga gue nungguinnya. Sambil menunggu, gue pun menonton Youtube. Sambil sesekali melihat jam yang ada di handphone. Hampir lima belas menit gue nungguin. Dan.. si Ana pun datang. Langsung aja gue nyalain motor dan bergegas ke Masjid. Sesampainya di masjid, turun dari motor sambil menenteng seblak yang tadi kita pesan dan mencari tempat yang enak untuk makan.

Karena gue datengnya tiap sore, jadi bisa sambil menikmati senja di sana. Bagus banget sih viewnya. Beneran dah.

Kita berdua duduk, dan membuka makanannya. Setelah di buka..
“Na, seblak lu merah amat. Gakaya biasanya?” Tanya gue heran

“Hehe iya Mil. Kemaren pas di Kerjaan, temen gue bilang katanya kalo orang makan pedes itu kuat dan yang gasuka pedes itu lemah.”

Dalam hati gue bilang “Ko bisa dia ngelakuin itu? dan emang ada hubungannya ya? Perasaan, pedes atau engga itu kan kembali lagi ke selera masing-masing.”

“Oh, jadi lu ngerasa tertantang sama omongan dia?” Lanjut gue

“Iya Mil.”

Dia pun mencoba suapan  pertama. Langsung minum karena kepedesan.
“Ssshh haa ssshh haa. Pedes Mil.”

Dia pun menghabiskan satu mangkuk kecil seblak dengan tingkat kepedasan yang belum pernah ia coba sebelumnya. Dan menghabiskan dua es tejus. Tantangan untuk diri sendiri nya pun selesai dan berhasil tapi di sisi lain perutnya terasa sakit. Saat gue tanya "Setelah ini, lu bakalan makan pedes lagi ga?"

Dia menjawab dengan santai "Makan dong."